Sejarah VANS

Pada tanggal 16 Maret 1966 Paul Van Doren dan tiga  temannya memulai bisnis dan toko baru bernama Van Doren Rubber Co (sekarang Vans). Toko ini menjual produksi sepatu uniknya sendiri. Mereka memproduksi dan memasarkan sepatu mereka sendiri  secara mandiri. Vans adalah produsen sepatu pakaian dan aksesoris untuk skateboard snowoarding BMX  dan selancar. 

Pada awalnya Paul Van Doren bekerja di sebuah pabrik sepatu ternama Randys sebagai  pembuat sepatu dan penyapu lantai. Setelah 20 tahun bekerja di sana dia telah dipromosikan berkali-kali karena ketekunannya. Hingga akhirnya Paul menjabat sebagai Vice President di Randys. Dia akhirnya memutuskan untuk keluar dari bisnis sepatu  dan pindah ke  California Selatan. Di sini Paul dan teman-temannya mendirikan perusahaan sepatu baru pada tahun 1966.

Paul Van Doren

Pelanggan pertama mereka adalah 12 orang. Pelanggan  membeli sepatu Vans Dek, yang sekarang  dikenal sebagai Vans Authentic. Paul Van Doren membuat sepatu setiap hari dan selalu siap di sore hari. Vans semakin populer karena memproduksi sepatu untuk sekolah, tim olahraga, dan pemandu sorak di seluruh Amerika Selatan, California.

Beberapa tahun kemudian, bisnis keluarga tumbuh dan memperkenalkan banyak gaya sepatu baru. Pada tahun 1975, Tony Alva dan Stacy Peralta (skater populer saat itu) merancang Vans # 95 alias Era Vans  dan memberinya label “Off The Wall”. Era ini adalah puncak kejayaan Vans karena sepatu Vans menjadi pilihan utama  para skater dan juga BMXers.

Pada akhir 1970-an, Vans memproduksi slip on kotak-kotak dari kanvas putih  dan  karet hitam. Pada saat yang sama, Universal Studios Hollywood meminta  sepatu untuk kebutuhan  film mereka. Vans kemudian mengirimkan stock Checkerboard dalam jumlah yang cukup besar. Sejak saat itulah, Vans kebanjiran order dari seluruh Amerika sehingga menjadikan sepatu paling laku di dunia sampai saat ini. 

Perusahaan sepatu itu kemudian menandatangani kontrak dengan pihak Departemen Pertahanan As dan Us Air Force .

Para pemain skateboard juga lebih menyukai menggunakan sepatu ini ketika bermain skateboard . Permukaan karet pada alas sepatu memudahkan mereka untuk berolahraga . penggunaan sepatu Vans pun hampir merata di seluruh wilayah California Selatan . Di akhir 1970 an, perusahaan ini telah memiliki 70 toko di california .

Sepuluh tahun kemudian, Vans telah berubah menjadi perusahaan besar . Sepatu yang diproduksi pun berkembang . Mereka tidak hanya memproduksi sepatu untuk olahraga skateboarding, tetapi juga untuk wakeboarding , cross motor , dan berselancar .

Meskipun penjualannya mencapai angka yang cukup baik, nyatanya Vans tidak berhasil mengatasi permasalahan keuangan intern mereka . Pada 1983, Vans tidak dapat mengatasi hutang mereka sehingga perusahaan itu terpaksa berganti status menjadi “Perusahaan Bangkrut”. Kebangkrutan Vans tidak berlangsung lama . Lima tahun kemudian, 1988, Vans menjual beberapa sahamnya pada perusahaan investment banking . semenjak itu, Vans kembali ” menghentak” dunia fashion dunia .

Nah, vans memang awalnya terkenal dengan sepatu sneakersnya. Namun, pada sekarang ini vans sudah mengeluarkan produk pakaiannya yang tersedia untuk pria, wanita bahkan anak – anak. Pakaiannya pun bukan hanya kaos tapi ada juga jaket, sweater dan hoodie.

JENIS DAN MODEL VANS

  • Vans Classic Tumble Old Skool
Vans Classic Tumble Old Skool

Classic Tumble Old Skool merupakan sepatu skate klasik. Pada tipe inilah pertama kali sidestripe ikonik milik brand ini muncul. Selain itu, menjadi ciri khasnya adalah lace-up pada low-top yang menyatu pada bagian atas dengan materi sintetis yang kokoh.

Baca Juga  Artic Monkeys Resmi Akan Menyelenggarakan Konser di Indonesia

Pada toecaps versi terbaru didesain ulang untuk menahan dari keausan akibat penggunaan berulang. Pada kerah sepatu dibuat berlapis untuk dukungan performa dan fleksibilitas, dan tak lupa karet waffle yang khas pada outsoles.

  • Vans SK8-Hi 46 MTE DX
Sk8-Hi 46 MTE DX

Sk8-Hi 46 MTE DX terbaru mengubah Vans model tinggi legendaris dengan penambahan yang dirancang untuk tiap elemen. Sepatu suede dan kulit bagian atas dibuat agar tahan cuaca, lapisan wol hangat, dan lapisan retensi panas antara sockliner dan outsole menjaga kaki tetap hangat dan kering, sementara outsole vulkanisir yang baru dibangun memanfaatkan 20 tahun sejarah sepatu salju untuk traksi maksimum.

Sk8-Hi 46 MTE DX juga dilengkapi sol UltraCush untuk kenyamanan jangka panjang, toecaps yang didesain kokoh untuk menahan keausan dalam pemakaian, dan kerah sepatu berlapis untuk dukungan dan fleksibilitas.

  • Vans Authentic Platform 2.0
Vans Authentic Platform 2.0

Vans Authentic Platform 2.0 menggabungkan gaya low-top Vans Authentic dan yang terbaru sekarang secara ikonik ditambahkan dengan bagian atas kanvas yang kokoh, lubang tali logam, dan sol luar waffle karet khas dari platform.

  • Vans  Sk8-Hi MTE
Vans  Sk8-Hi MTE

The Sk8-Hi MTE menggubah model hi-top legendaris dengan penambahan yang dirancang khusus pada setiap elemen. Bagian atas kulit tahan cuaca premium, lapisan tekstil hangat, dan lapisan retensi panas antara sockliner dan outsole menjaga kaki tetap hangat dan kering, sementara outsole lug vulkanisir yang baru dibangun memanfaatkan 20 tahun sejarah sepatu salju untuk traksi maksimum.

Sk8-Hi MTE juga memiliki fitur toecaps yang kokoh untuk menjaga ddari keausan. Selain itu kerah sepatu berlapis untuk mendukung performa dan fleksibilitas seepatu vans terbaru ini.

  • Vans Old Skool Platform
Vans Old Skool Platform

The Old Skool Platform menggabungkan sepatu skate klasik dengan material kanvas yang kokoh. Material bagian atas dibangun dari suede, toecaps khas Vans yang tahan dari aus. Dan seeperti biasa kerah sepatu dibuat berlapis untuk performa dan fleksibilitas, dilengkapi sol karet waffle platform signature.

  • Vans UltraRange Rapidweld
Vans UltraRange Rapidweld

Sebagai tambahan baru untuk keluarga merek sepatu ini, UltraRange Rapidweld yang terinspirasi oleh atlet skate untuk kebutuhan skater top. Vans UltraRange Rapidweld dibuat sebagai sepatu serbaguna yang memberikan kenyamanan untuk perjalanan panjang di seluruh dunia.

Menampilkan unsur midsole UltraCush, menawarkan kenyamanan dan bantalan terbaik, ditambah dengan konstruksi bootie kaus kaki LuxLiner dengan internal yang mulus untuk mengurangi berat, gosokan, dan hotspot.

Selain itu, UltraRange Rapidweld memberikan estetika yang bersih. Kesan bersih ini juga mencakup bagian atas tekstil dan suede sintetis yang dapat memiliki rongga. Detail lain dari Rapidweld adallah tinta dan lem berbahan dasar air, dan sol sol karet mini cetakan karet yang tahan lama untuk mengurangi lem dan memperbaiki hasil keseluruhan.

  • Vans UltraRange Hi DL MTE
Vans UltraRange Hi DL MTE

Tambahan baru untuk keluarga Vans, UltraRange Hi DL MTE yang terinspirasi oleh materi dan elemen yang dibutuhkan oleh atlet. Unsur midsole UltraCush Lite baru yang menawarkan kenyamanan dan bantalan terbaik, ditambahkan dengan konstruksi bootie yang sesuai dengan bagian dalam yang mulus untuk mengurangi berat, gosokan, dan hotspot.

Seperti pada versi low-top, UltraRange Hi MTE memberikan estetika yang bersih. Bisa dilihat dari bagian atas kulit, tekstil, dan sintetis dengan detail MTE, lapisan hangat untuk retensi panas, tinta dan lem berbasis air, dan karet tahan lama yang dibalik bersama cetakan wafer lug luar untuk mengurangi lem dan meningkatkan finishing.

  • Vans Authentic
Baca Juga  Perbedaan Antara Vans Japan Market dan Vans Global Market

Otentik, Vans original dan sekarang menjadi ikon gaya, simpel, upper dengan kanvas tahan lama, lubang tali logam, label bendera Vans dan Waffle Outsole Vans asli.

  • Vans UltraRange 3D
Vans UltraRange 3D

Evolusi dari UltraRange asli, UltraRange 3D mendorong tingkat kenyamanan lebih jauh dengan UltraCush Lite 3D midsole / outsole untuk yang terbaik dalam kenyamanan dan bantalan yang ringan.

Selain itu konstruksi bootie LuxLiner untuk fit dan kemudahan yang ditingkatkan. Dipadukan dengan gaya unik dan Vans yang tahan lama co-molded reverse waffle rubber outsoles mini untuk cengkeraman alas kaki.

UltraRange 3D fleksibel untuk dipakai dalam berbagai kegiatan. Ini juga menampilkan tekstil yang kokoh, suede, dan bagian atasnya sintetis, eyebrow mengambang untuk variasi ukuran kaki, dan tinta juga lem yang berbasis air.

  • Vans Sk8-Hi
Vans Sk8-Hi

Sk8-Hi, Vans legendaris bertali tinggi yang terinspirasi oleh Old Skool klasik, memiliki kanvas yang tahan lama dan atasan suede, pergelangan kaki yang mendukung dan empuk, dilengkapi Vans vulcanized signature Waffle Outsole.

  • Vans Atwood
Vans Atwood

Canvas Atwood, gaya warisan low-top, menampilkan bagian atas kanvas dijahit ganda untuk daya tahan, lubang tali logam, dan sol luar wafel karet yang khas. Lidah dan kerah empuk, bersama dengan konstruksi vulkanisir, menawarkan peningkatan kenyamanan.

  • Vans Old Skool
Vans Old Skool

The Old Skool, sepatu skate model klasik dan yang pertama menyandang sidestripe Vans yang ikonik, memiliki siluet upper dengan suede dan kanvas atas yang tahan lama dengan lidah dan lapisan empuk dan signature kebanggaan yaitu Vans Waffle Outsole.

  • Vans Slip-on
Vans Slip-on Checkerboard

The Canvas Classic Slip-on adalah model sepatu vans yang memiliki bagian atas, kanvas slip-on yang rendah dengan aksen sisi elastis, label bendera Vans dan yang khas yaitu Vans original Waffle Outsole.

  • Vans ComfyCush
Vans Old Skool ComfyCush

Vans telah menghidupkan kembali Old Skool klasik dengan memperkenalkan ComfyCush: outsole baru yang lebih empuk yang memberikan peringkat pada Old Skool menjadi kelas pertama. Dengan memakainya, kamu akan merasa seperti berjalan di atas awan.

Kanvas yang baru dibangun dan bagian atas suede house disederhanakan dengan material interior one-piece dengan dukungan lengkungan tambahan dan lapisan kelembaban baru di seluruh bagian.

  • Vans Ave-Pro
Vans Ave-Pro

Untuk Anthony Van Engelen, “‘Good enough isn’t” good enough” – dia hampir selalu merasa tidak puas. Dia hanya akan menyebut namanya pada sepatu skate paling canggih tanpa kompromi yang pernah dibuat.

Kamu bisa membayangkan betapa Ave Pro ini menuntut proses desain yang rumit dalam mewujudkan sepatu signature dari skater Anthony Van Engelen ini.

Menampilkan gabungan DURACAP ™ dan teknologi tanpa jahitan Rapidweld dengan lapisan dalam LuxLiner untuk kesesuaian dan daya tahan optimal, AVE Pro didasarkan pada konstruksi UltimateWaffle ™ baru dari Vans untuk menciptakan sepatu skate terbaik.

  • Vans Old Skool Pro
Vans Old Skool Pro Beige

The Old Skool Pro, Vans klasik terbaru yang diupgrade untuk meningkatkan performa, menampilkan suede, kanvas, dan bagian atas kulit, pita pembalut tunggal.

Selain itu UltraCush ™ HD sock liners hadir untuk menjaga kaki tetap dekat dengan papan sambil memberikan tingkat performa bantalan tertinggi. Selain itu, Vans outsole asli vans untuk cengkeraman dan kontrol yang unggul.

Sepatu vans terbaru Old Skool Pro juga mencakup underaces karet penguatan Duracap ™ di area yang memiliki resiko keausan tinggi untuk daya tahan yang tak tertandingi. Karena kebanyakan menggunakan sepatu ini untuk skate.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Article

Perbedaan Antara Vans Japan Market dan Vans Global Market

Related Posts